Mengubah alamat fisik (mac address) MikroTik untuk digunakan dijaringan FastNet

Tidak dapat dipungkiri bahwa perangkat router dengan merek Mikrotik® merupakan perangkat yang sangat tangguh dengan harga terjangkau. Oleh sebab itu maka banyak disukai dan menjadi favorite para network administrator atau teknisi jaringan.

Teman-teman pengguna Telkom Speedy mungkin sudah fasih menggunakan router mikrotik ini untuk disandingkan dengan koneksi dari Telkom tersebut. Namun, mungkin teman-teman pengguna FirstMedia mengalami kesulitan untuk menggunakan mikrotik di jaringan Fastnet tersebut, karena secara default fastnet akan mengkunci mac address yang pertama kali digunakan saat setup jaringan fastnet dilakukan oleh teknisi mereka. Hal ini bisa diakali dengan menggunakan router semacam linksys yang mempunyai fitur clone mac address, lalu bagaimana dengan mikrotik? Untuk dapat menggunakan mikrotik di jaringan Fastnet maka kita perlu tau mac address yang digunakan oleh DHCP server Fastnet dalam memberikan IP ke komputer/router kita.
  1. Berikut ini langkahnya:
  2. Login ke mikrotik dengan menggunakan ssh
  3. Lalu menuju bagian Interface Ethernet
  4. Lihat interface ethernet yang ada
  5. Ubah mac address yang diinginkan
  6. Lihat gambar untuk langkah lebih lengkap.
mengubahmacaddress

keterangan:
set 3 merupakan nomer ethernet yang di mulai dari angak 0-4 dikarenakan yang di rubah adalah ethernet 4 maka kita mengunakan set 3 dikarenakan urutan dimulai dari angka 0

0 Response to "Mengubah alamat fisik (mac address) MikroTik untuk digunakan dijaringan FastNet"

Post a Comment